Kamis, 13 Agustus 2009

Pengusaha sambilan dan poligami

"Saya punya karyawan yg hebat, dengan itu saya bisa delegasi tugas dan bisa kerjain yg laen. Passive income nih!"
sekilas terasa manis..
dan hal ini mungkin terjadi, keberuntungan pemula klo minjem istilah Kiyosaki

tapi setaun kemudian
"karyawan saya buka usaha sendiri, trus gimana nih bisnis ga jalan? ga sanggup lagi nih bayar sewa tempat, dll dll.."

ah dat typical..

ribuan orang punya status Full TDA, mungkin ribuan orang juga yg menghabiskan waktu2nya lebih banyak untuk bisnisnya. konsentrasi full 100% untuk bisnis. Itu aja bisa bangkrut kok bisnisnya!

Lha, ini sungguh keren. punya bisnis tapi disambi jadi pegawai kantoran. yg harusnya mengeluarkan 200% kemampuan dan konsentrasi supaya paling tidak sama dengan yg full TDA. kok mengharapkan bisnis yg lebih (atau paling tidak sama) dengan yg full TDA? padahal toko ditengok juga engga, alasannya klasik "kan delegasi karyawan, kan passive income, kan jadi pengusaha enak, dll"

ya rasain deh klo bangkrut..
maksudnya nikmati aja, dan ambil hikmahnya..

saran saya buat temen2 yg pingin usaha sambil nyambi,
- jangan pake modal gede
- jangan beli aset (misalkan ruko, alat2 dsb, klo bisa kontrak/sewa aja)
- jangan pake karyawan (lha kerjaan sbg pegawai kantoran gimana? ya risiko lah jadi pengusaha sambilan)
- pilih jenis usaha yg kira2 kita betah ngabisin waktu di tempat usaha kita itu atau jualan produk usaha kita
- jangan lama2 disambinya. buruan resign dari kantor kalo brani n yakin

contoh misalnya mau usaha sampingan jualan gorengan. Boleh ada karyawan di pagi hari, tapi pas sore hari kita sendiri yg jaga. atau bantu2 karyawan yg ada. ya, SETIAP HARI. dinikmati. klo ga bisa nikmati ya ganti bidang usaha, klo ga punya duit buat ganti usaha ya berdoa aja supaya bisa menikmati hehehe.. sapa tau doanya makbul

Saran saya yg lain adalah. klo mau nyambi usaha, suami-istri jgn 22nya kerja. mending istri suruh resign buat bisnis. nah suami support klo pas ada waktu luang. Ini mah seringnya 22nya pada kerja kantoran, trus bisnis ga pernah ditengok, pas bangkrut protesnya paling gede ke Allah.

Jadi terimalah nasib anda sebagai para pengusaha sambilan. Nasib anda adalah harus memberikan effort yg lebih besar untuk mengurusi bisnis anda. Ya, hampir sama ketika para lelaki mutusin poligami. Ya risiko lah klo istri tua jadi marah2, istri muda manja2 minta perhatian, jam istirahat jadi kurang, makan jadi kurang, kantong jadi tipis.

Nah, jangan iri juga klo ada pasangan monogami yg bisa santai, bisa ngabisin waktu sama anak2 n keluarga, lebih disayang keluarga dll.. walaupun banyak juga pasangan monogami yg berantakan, dan keluarga poligami yg damai. Tapi ya itu tadi, butuh effort lebih.

So, itu tergantung pilihan anda. Tapi inget, jangan lari dan cengeng dari risiko pilihan anda. Klo udah milih nyambi (poligami) ya jgn iri sama hasil yg didapat org2 yg fokus.. okey..

smoga berguna

2 komentar:

donny hariyanto mengatakan...

saya banget tuh..tapi pak adzan tanpa TDB, Negara kita gak ada yang ngurusin..heheh (justifikasi PNS nih)

Adzan W. Jatmiko mengatakan...

hahaha..

bener bgt tuh pak..

engga kok, saya ga pernah mempermasalahkan status TDA or TDB. kan yg paling mulia di sisi Allah bukan TDA atau TDB, tapi yg bertakwa katanya hehehe

maksud saya, klo udah ambil keputusan buat nyambi, ya jangan pada cengeng gitu.. terima dan hadapi resikonya juga..

btw saya juga amfibi kok hahaha
itu tulisan curhatan sbnrnya