Senin, 09 Juli 2012

The Harvest Moon Traps (2)

Sesuai janji kemarin, mau melanjutkan tulisan harvest moon traps ini..

Oke, apa saja harvest moon traps yang dihadapi penulis sendiri?

Salah satunya adalah nonton pertandingan sepakbola di tv (apalagi kalau real madrid main hehe). tau sendiri kan jam tayang La Liga jam berapaan? ini menyebabkan rasa kantuk sepanjang hari, berkurang produktifitas.

Salah dua nya adalah hobi Flora dan Fauna... ehm.. gak mau nyebut nominal, tapi sepertinya sudah habis banyak sekali untuk hobi yang satu ini.

Salah tiga nya adalah hobi berinvestasi. Seneng melihat suatu barang, yang harga nya bisa kita panen dari capital gain, atau malah dapat cashflow. beneran kayak main game hehe..

Nah, sekarang, gimana caranya terbebas dari jebakan-jebakan ini? berikut tips ala Adzan :D

1. Buat prioritas hidup, pilah-pilah mana kewajiban yang harus kita jalani. Ingat, bermain "harvest moon" itu tidak haram, asalkan tidak melalaikan prioritas dan kewajiban yang ada.

2. Setelah sadar prioritas hidup, maka tingkatkan self control. buat mekanisme untuk mengingat dan melaksanakan prioritas dan kewajiban. contohnya adalah self control Umar bin Khattab yang salah satunya mem-punish diri sendiri dengan hukuman "berat" ketika lalai.

3. Setelah ada mekanisme internal untuk mengingatkan, juga harus ada mekanisme external. Kita memerlukan figur seperti Abu Bakar ra yang mengingatkan putra-nya yang lalai. artinya kita juga harus membuka diri terhadap masukan dan kritik dari orang-orang terdekat kita. Maklum, kalau kita lagi "trance" kan suka lupa diri hehe.. So, cari figur-figur seperti Abu Bakar ra yang bisa mengingatkan kita.

4. Ya Tinggalkan sama sekali. Kemarin penulis mencobanya, Euro2012 hampir sama sekali tidak menonton pertandingan live. Ah ternyata bisa-bisa aja tuh hehe..

5. Kalau memang susah meninggalkan, maka ubah "ancaman" menjadi "peluang". Ketika kita suka nonton bola pagi-pagi, kita manfaatkan juga untuk shalat malam buat yang muslim, baca-baca buku, atau malah nulis artikel dll. Ketika kita hobi Flora dan Fauna, lahirlah bisnis Cattery di Jakarta si Prabu Cattery. Ketika hobi investasi emas logam mulia, investasi dinar, saham, property, maka lahirlah PlasaEmas.

6. Masih susah juga? oke, tinggal alihkan dengan kegiatan lain. Ibaratnya ngilangin bau pete pake bau jengkol hehehe... misalkan susah ninggalin kebiasaan begadang nonton bola, nah bikin deh acara subuh bareng anak-anak di masjid, dilanjutkan dengan bersepeda/lari pagi. Susah kan jadinya mau begadang hehe... Misalkan duit abis buat modif mobil or jajan gadget, nah bikin deh program naik haji buat keluarga dan ortu, akhirnya duitnya kesedot semua kan, gak lagi sempet jajan-jajan :p


inget kata mbah Sun Tzu

知彼知己,百戰不殆;不知彼而知己,一勝一負;不知彼,不知己,每戰必殆 

if you know your enemies and know yourself, you will not be imperiled in a hundred battles; if you do not know your enemies but do know yourself, you will win one and lose one; if you do not know your enemies nor yourself, you will be imperiled in every single battle.

Jadi, marilah mengenal diri kita sendiri lebih dahulu, cari solusi atau peluang dari kelemahan-kelemahan yang ada pada diri kita, sukur-sukur bisa ubah itu menjadi kekuatan. Abis itu bisa menang deh di every battles :)


semoga berguna,
@adzan_

Tidak ada komentar: