Sabtu, 06 September 2014

Dendy Nugroho, Calico Petshop, Sukses adalah tentang bagaimana kita selalu bangkit dari kegagalan




Sebutlah seorang sahabat, lelaki asli jawa, bernama Dendy Nugroho. Teman penulis dari bangku SMP, mengawali kisah sukses bisnis dari jaman kuliah dengan bendera Bengkel mobil Pelita Motor. Klien-klien nya tidak tanggung-tanggung, PT. JasaMarga, PT. CMNP, dan lain-lain.

Di jaman kuliah dulu, penulis belajar bisnis darinya, dan dari almarhum ayahnya, Mulyo Nugroho. Kita bisnis bareng buka toko ikan, distributor makanan ikan hias, dan segala macam yang terkait ikan hias... Alhamdulillah sempat sukses besar, walau akhirnya bangkrut hehe.. Dari sukses yang sempat besar tersebut, saya bisa mendirikan warnet pertama saya, yang kemudian berkembang menjadi 15 warnet.

Beberapa tahun kemudian setelah ayahnya wafat, bisnis bareng dilanjut, kita joinan bangun pabrik bioethanol. Modal gede-gedean (untuk ukuran kantong kita saat itu, kalau sekarang bisa beli Alphard kayaknya hehe), kemudian ditipu. Kami bangkrut bersama.

Tidak lama dari itu, karena satu dan lain hal, Bengkel Pelita Motor juga harus gulung tikar. Bangkrut lagi...

Disini ciri-ciri orang sukses bisa dibedakan...

Tak terlihat beda sikapnya antara ketika bisnis nya sukses, dan ketika bisnisnya bangkrut. Selalu tenang, tak gentar, tak takut, penuh canda, dan optimis. Saya tekankan berkali-kali, kisah suksesnya hanya tinggal menunggu waktu..

Belum lagi tanggung jawab sebagai kepala keluarga sepeninggal ayahnya, dan kecintaannya kepada adik-adiknya yang kesemuanya masih duduk di bangku sekolah, tentunya menjadi motivasi tersendiri yang sangat hebat. Memberikan energi yang luar biasa untuk terus bangkit, hingga urusan menikah pun sengaja ditunda, karena tanggungjawab, cinta, dan semangatnya untuk bangkit.

2-3 tahun membesarkan PlasaEmas.com bersama penulis, hampir setiap hari ke rumah untuk berdiskusi, bercengkrama dengan kucing-kucing penghuni PrabuCattery.com milik istri penulis, membuatnya berpikir untuk menyediakan barang-barang kebutuhan kucing dan cattery.

Yupe. jujur saja, memang Dendy yang lebih dulu memelihara kucing ras dibanding saya. Dari jaman SMP dulu, Dendy sudah punya kucing ras berpola himalayan. Sementara saya baru punya kucing ras ketika SMA.

Dendy Nugroho, melihat ada permasalahan mendasar di dunia perkucingan. Supply barang yang tidak jelas, tidak mudah didapat, bahkan ketika kita tinggal di jakarta sekalipun. Produk-produk tertentu sempat hilang di pasaran, petshop yang tidak fleksibel untuk delivery (bahkan ketika order 5 karung besar sekalipun), petshop-petshop yang mengambil keuntungan terlalu besar hingga harga-harga sangat mahal, sudah begitu pelayanan sangat tidak ramah.. seperti tidak butuh pelanggan.

Memanfaatkan teman-temannya yang ahli IT, ahli pemasaran, ahli komunikasi, kemudian benchmarking dengan petshop-petshop di Amerika, Jepang (almarhum ayahnya pernah tinggal lama di Jepang) dibikinlah blueprint petshop ideal dengan target jangka panjang.

Hasilnya? Sukses besar!
bahkan ketika petshop nya baru berjalan 3 bulan! dan website nya www.calico.co.id belum rampung!
Bisa dibayangkan, petshop yang baru berjalan 3 bulan, tanpa budget marketing, memiliki omzet tembus 8 digit per hari...
Dan saya tahu persis, Dendy Nugroho baru menjalankan 1-2 langkah dari 100 langkah yang akan ia gunakan untuk membesarkan petshop-nya.


Seringkali saya berada di petshopnya, untuk memantau perkembangannya. Memang benar, saya adalah salah satu konsultan Brandingnya (dibayar dengan doa hehe), senang sekali melihat para pelanggannya sendiri yang menjuluki petshop nya dengan tagline, Petshop yang Baik. Luar biasa!

Pribadi yang sangat low profile, melayani semua customer dengan ramah tanpa membeda-bedakan status sosial. Lebih senang melayani sendiri pelanggan-pelanggan petshopnya daripada menyuruh pegawainya. Jangan heran kalau orderan kita diantar langsung olehnya. Karena ingin dekat dengan pelanggan-pelanggannya, dan menjadi solusi atas permasalahan yang ada. 

Sekarang hampir semua pecinta kucing di jakarta, juga di daerah, memiliki image kalau petshop yang murah, petshop yang baik, adalah Calico Petshop. Karena keramahan dan kualitas layanannya, cattery-cattery besar kini berlangganan juga ke Calico Petshop. Bahkan petshop-petshop di jakarta dan berbagai kota pun belanja juga ke Calico Petshop, yes, milik sahabat saya, Dendy Nugroho.

Seperti penulis katakan pada judul tulisan ini, Sukses adalah tentang bagaimana kita selalu bangkit dari kegagalan, dari keterpurukan. Selama kita tidak menyerah, selalu berusaha, maka sejatinya kita adalah pribadi sukses... seperti sahabat saya Dendy Nugroho dan Calico Petshop nya. Menarik untuk ditunggu gebrakan selanjutnya.

Buat teman-teman yang bisnisnya sedang lesu, bangkrut, atau ditipu, jangan menyerah ya! terus berusaha!

Sukses terus bro Dendy!



Tidak ada komentar: