Kamis, 18 September 2008

Ciaattt akhirnya saya critain juga.. maaf ya pak polisi :D

Karena postingan guru saya, Pak Robby tentang polisi (http://robbyantono.blogspot.com/2008/04/polisi-ditilang-dek.html) membuat saya jadi mau cerita juga :D

Dua kali saya datang pertama ke forum jumat TDA, dua kali itu juga saya ditilang. Eh bukan ditilang ding, di stop polisi, tapi lolos hehehe...

Abis itu saya kapok nyetir ke Jakarta. Maklum saya orang ndeso.. Jadinya klo ga Dimas atau Dendi yang nyetir. Malah pernah Pak Ipung! Founder TDA padahal! hehehe maaf ya pak ipung, saya agak2 gimanaaaa gitu klo liat polisi di jalan

Kejadian Pertama, Forum Jumat di Sarinah
Latar Belakang kejadian :
Saya dari arah Blok M. Geregetan ngeliat Sarinah di sebrang jalan. Tapi kaga bisa nyebrang di mobil. Nyari puteran susah bener. Tibalah di putaran depan Indosat/Monas.

Tetottt.. ternyata kaga boleh muter (sebenernya udah liat tanda larangannya sih hehehe.. )

Oya, saat itu bawa 2 penumpang, Mita sama Dedy. Jadi ada saksi nih hehe

Polisi : "Selamat malam pak, bisa liat sim dan stnk blablabla... bapak tau bapak ngelanggar?"

(gak tau kenapa secepat kilat dapet ilham, pas liat jam udah jam setengah tujuh lewat dikit)
Saya : "Ya saya tau pak.. mohon maaf"

Polisi : "Kenapa masih ngelanggar?"

Saya : "Yah, mau gimana lagi pak, udah jam segini (sambil nunjukin jam tangan) saya harus ke sarinah. Saya belum shalat Magrib (ga boong lho), takut gak keuber"

Polisi : "Ya walau begitu tetap jangan dilanggar donk pak"

Saya : "Iya pak, dengan segala kerendahan hati saya minta maaf. Sekarang waktu magrib saya makin habis pak.. masa' bapak ga mau dapet pahala pak memudahkan orang shalat?" hehehe.. dengan cengiran khas saya..

Polisi : "Baiklah pak, disebalah sana ada mushola, masuk aja di IRTI. Apa mau saya anter kesana pak? lain kali jangan diulangi lagi pak.."

Saya : "Trima kasih pak, tidak perlu diantar. Smoga hari ini bapak diberkahi"

Mobil pun meluncur, dan tak lupa Dedy dan Mita bersorak sorai. Kita pun maghrib di IRTI, dan dateng ke Sarinah ketemu TDA dengan wajah sumringah bwahahaah..


Kejadian Kedua, Forum Jumat di Hotel Sofyan yang Pertama kali
Latar Belakang Kejadian :
Dari Sofyan Cut Meutia, saya ke arah bundaran HI. Nah abis itu saya belok kiri. Tapi bodohnya saya, gak ambil jalur kiri. Tapi dari tengah motong ke kiri. Wong malem2 jam 11 udah ga ada mobil..
Padahal udah liat polisi berkerumun tuh di pos tengah2 bundaran..
"Priiiiiittttttttttt"
tetoottttt........

Istri saya langsung ngomong, "Mas udah ga bisa alesan sholat magrib lagi lho... skrg udah jam 11 malem"

Mana mobil ngebut pula hehe
ya pas berhenti jaraknya jauh juga dari polisi. Tuh polisi tetep aja nyantai jalan kaki ke arah mobil yang jauh. Gile benerrrr..
Karena gak tega, mobil saya mundurin aja..

Polisi : "Selamat malam pak, sim stnk blabalaablaala.." pokoknya template lah

Hebatnya lagi, ini polisi kaga nawar2in damai. Nyuruh saya keluar mobil, dan langsung nulis surat tilang. sambil nyebutin kesalahan2 saya.

Wah polisi hebat ini saya pikir. Jujur saya malah salut.

Dan dia ngasih surat tilang ke saya yang sudah dia isi lengkap. Habislah rekor saya belum pernah ditilang akhirnya. Pikir saya kala itu

Polisi : "Mas nya bakal sidang tanggal sekian2... bisa kan mas?"

Saya : "Loh emang ada pilihan jawaban buat gak bisa?" hehe saya ledek dikit ah

Polisi :"Ya........... gitu deh" Jawab pak polisi yang iman nya goyah hehehe

Wah, surat tilang udah dibuat aja masih bisa di kelitikin :p

Saya : "Nggak usah pak, saya wargenegara yang taat hukum. Klo saya emang salah, ya saya emang harus ditilang. Kan peraturan harus ditegakan ya kan pak?"

Polisi : "A i u a i u.. jadi bener bisa dateng sidang?"

(Agak ngancem dikit ah, males juga sih sidang2an)

Saya : "Ya apapun saya lakukan pak, supaya sim saya bisa kembali. mau sidang ya sidang dehhh"

Polisi : "Baik, ini surat tilangnya. bapak sidang tanggal sekian"

Yah, kelar dah.. akhirnya ditilang juga. Hebat juga nih polisi mentalnya. Godain lagi ah...

Saya : "Baik Pak. Tapi satu hal, sebelum bapak menilang saya, sudah menjadi hak saya untuk tau nama bapak, pangkat, serta kantor bapak"

Polisi : "Nama saya..(ya sebut saja Fulan) Fulan pak. Saya dinas di *tiiiiit* (di sensor critanya)" Kata pak polisi dengan gagahnya. Ngerasa juga kali ya klo saya makin kurang ajar hehehe..

Saya : "Oke cukup bagi saya. Trima kasih. Gak lama sim itu juga akan kembali ke saya" (padahal maksud saya ya sim balik abis sidang hahaha)

si Polisi mulai gerogi. Tapi tetap bertanya dengan nada nantang dan tegas

Polisi : "Maksudnya apa mas? Mas nya punya sodara di kantor saya? kalo emang punya sodara ya sebut aja namanya!"

Saya : "Loh, kan saya bilang saya taat hukum pak. Klo pun saya punya paman di kantor bapak, saya gak mau nyusahin pak. Malu2in aja, masa saya ditilang doank pake repotin dia pak." (perhatiin, saya sama sekali gak bilang punya sodara disana loh)

Polisi : "Loh sebut aja mas nama sodara mas, gapapa kok beneran. Oya mas tinggal di bekasi ya? deket donk saya juga di bekasi.."

Lah ini pak polisi malah ngajak ngobrol..

Akhir kata..
Polisi : "Ya sudah mas, lain kali jangan langgar lagi ya"
Saya : "Baik terima kasih pak.."

Ya ya ya..
didalam mobil muka istri saya udah merah nahan ketawa. Jalan bbrp meter ketawanya pun tumpah.

Pengalaman yang terakhir emang luar biasa. Bayangin aja tuh surat tilang udah bener2 diisi lengkap sama polisi nya.. tapi masih bisa lolos


Inti tulisan saya adalah, jika kita ditilang polisi..
1. Bersikap tenang, jangan paranoid. santai aja, relaksasi. Karena itu kekuatan kita yang sesungguhnya. Orang kita kan biasanya udah deg2an klo di semprit polisi. Jangan gitu bro!

2. Jangan Defensif. Akui saja kesalahan. Minta maaf dsb

3. Jangan bohong. Pake alesan punya sodara di polda lah. Udah gak mempan polisi sama alesan beginian. Bohong mau ke rumah sakit lah.. Ya pokoknya jangan bohong. dosa tau

4. Klo udah mentok juga, tanya aja nama, pangkat, dan dinas polisi.

5. Klo udah mentok juga, critain aja kisah sodara kita yang polisi. Pasti ada donk. Biar pangkat sodara kita cuma kopral ya critain aja suka dukanya, kisahnya dll. Ya pengorbanan dikit lah biar ga ditilang. Klo orang orangtua kita pensiunan tni/polisi nah ini kartu truf kita. Pasti tuh polisi jadi simpati jg

6. Gak punya sodara polisi juga? tenang jangan panik. Masih punya temen yang polisi kan? Nah blg aja kita lagi on the way ke rumah temen kita (atau orangtua teman kita) yang polisi itu. Tapi jgn bohong, dan bener2 mampir kesana abis dibebasin tilangnya

7. Jangan pernah menyogok! gw mending nyumbang negara 1jt perak daripada nyogok polisi 50rebu. Apalagi denda negara paling ccuma 35ribu. Klo kita nyogok polisi, ga usah ngeluh korupsi di indonesia deh. Karena kita udah menjadi bagian dari lingkaran setan itu. Tul gak?

btw Ada yang mau sharing juga?

2 komentar:

Heppy Dwiyanto mengatakan...

wah, jago ngeles juga mas Adzan..:)

Saya pernah dua kali di stop Polisi. Pertama, di daerah semanggi. Waktu itu salah ngambil jalan, ternyata di jembatan layang itu gak boleh dilewati motor. Tapi karena sy (keliatan) sopan_hehe_tuh polisi (Polisi BM lho!)gak jd nilang.

Kedua, terpaksa nyogok 25ribu waktu ngelanggar lampu merah di pasar rebo. hehe.

Tapi di daerah Blok-M emang parah sih jalannya. Saya jg blum pernah bawa mobil ke daerah Blok-M en sekitarnya...:(

mitasuri mengatakan...

walah...kaki mita lemes mas... :p