Kamis, 23 April 2009

Say no to suap! (lagi2.. lolos dari tilang polisi alhamdulillah)

Kemarin pindahan rumah..

dengan bantuan kakak sepupu dan om, menggunakan mobil pick up kita pindahan..
rute yg ditempuh, Jatiasih - Kramat Jati.. tentu saja lewat tol

lemari itu cukup tinggi, hingga terpal tidak bisa menutup bak mobil..

waktu sudah menunjukan pukul 10 malam.
ah.. rute perjalanan aman, ga pernah ada polisi.

takdir berkata beda, ternyata kami justru di isengin polisi jalan tol.

posisinya, mobil polisi ada di belakang mobil bak kami.
saat itu om saya yg menjadi supir, dan langsung disuruh turun menuju mobil polisi.

saya ga tau om saya ngobrol apaan sama oknum polisi itu. sementara oknum polisi yg lain tetap di mobilnya menjadi supir.

karena lama.. ditambah potongan rambut saya yg kebetulan lagi cepak alias botak hehehe (lumayan buat nakut2in polisi). akhirnya saya turun..

****


saya : ada apa pak?
polisi : (sempet baca muka saya.. siapa nih anak nyolot bgt sama gw.. gitu kali katanya) bapak mau kemana pak?

saya : mau pindahan rumah pak. ada apa?
polisi : (mengarahkan ke om saya) surat2nya pak tolong!

lalu om saya menyerahkan sim dan stnk nya
sang polisi itu men-senter-i sim dan stnk itu

kemudian polisi itu mengambil surat tilang di mobilnya
dan bergegas ke belakang mobilnya, untuk nulis surat tilang di bagasi mobil.
ya saya samperi aja ke belakang..

dikiranya saya mau ngomong sesuatu.. salah tuuuhhhh
saya diemin aja..
cuma liatin tuh polisi

eh tuh polisi cuma melototin surat tilang kosong
pulpen nya kyknya ragu buat coret2..

and then he said the magic word..
polisi : "Apa mau saya bantu pak?"

yes! akhirnya keluar juga kata2 itu
kata2 yg merendahkan korps polri
kata2 yg menunjukan rendahnya harga diri oknum polisi tersebut
kata2 yg menghinakan dirinya
hanya satu sayangnya...
sang polisi itu berhadapan dengan orang yg salah ;)

dengan tegas saya jawab,
saya : "tidak perlu pak. tilang saja. ga masalah"

polisi ini serba salah..
ga nyangka kali ya, di sisi lain dia kaget
tapi di sisi lain dia merasa tersinggung

polisi : "ya sudah saya tilang saja"

sesaat sebelum pena-nya meluncur ke surat tilang, saya segera memotong

saya : "slip biru pak"

polisi tambah kaget, dan sempet mandang mata saya lama2 (naksir pak?)

***


kemudian polisi itu berbasa-basi ke rekan nya yg masih megang stir

polisi : "dan, gimana nih orangnya minta slip biru?"

dengan suara pelan2, polisi yg satunya menjawab "udahlah lepasin aja"

tapi polisi bejat yg satunya masih aja... kembali menghampiri saya

polisi : "bapak tau salahnya?"

saya : "ya, tidak pake terpal. sebelumnya kami pake terpal, tapi lemari yg ini terlalu tinggi. terpalnya tidak muat. kami memang salah kok pak."

polisi : "itu bapak tau kesalahannya, jd gmn pak? mau dibantu?"

kesel juga lama2 sama nih polisi..

saya : "sudah lah pak.. buruan tilang, yang penting....."

polisi : "yg penting apa mas?!!"

saya : "yg penting saya tau nama bapak. bapak dari polda metro kan?"

***

si polisi tambah kesel.. nih anak nyolot bgt pikirnya
sebenernya saya jg ga tau knp nih polisi tiba2 kesel bgt

polisi : "maksud mas apa nanya2 nama saya? klo mas saya tilang, pasti ada kok nama saya di surat tilangnya!"

saya : "loh.. apa salahnya saya nanya nama pak?"

polisi itu kembali mengulang pernyataannya, kali ini dengan nada marah

polisi : "klo mas saya tilang, pasti ada nama saya kok! ada2 aja sih mas ini!"

saya : "emg saya ngelanggar hukum pak klo nanya nama?"

kebetulan saat itu polisi memakai rompi.

sambil marah2 dia menarik rompinya supaya terlihat nama nya di seragam. tapi herannya cuma sekejap memperlihatkan. sehingga saya tidak jelas melihat namanya

sambil menarik rompinya (supaya keliatan namanya) polisi itu seraya berkata (tentu saja masih dengan nada marah2)
polisi : "nih liat mas nama saya! dikirinya saya polisi gadungan apa! saya polisi resmi mas!"

saya : "oh iya pak. ngomong2 saya mohon maaf nih udah ngelanggar, tapi beneran kok pak, sebelumnya kita berangkat emang pake terpal. tapi tadi ga muat pak. kami emang ngaku salah. mohon maaf ya pak... skrg bisa kan izinkan kami lanjutkan perjalanan?"

nah loh kok jadi saya yg menyudahi ciakakakakka...

si polisi itu masih marah2 aja sambil ngedumel
"klo saya tilang itu ya ada nama saya.. emg saya polisi gadungan apa!"
polisi itu naik mobilnya dan menutup pintunya
"brak!"


ya ya.. alhamdulillah.. Maha Suci Allah yg menjaga hamba2Nya..

akhirnya saya kembali ke mobil, menemui om saya dan kakak sepupu saya itu yg sedari tadi nunggu di mobil doank.. cape dehhhh.. ngemengnya doank kaw mas...

kemudian di mobil terjadi diskusi dengan om

om : kamu apain tadi Yu? (wahyu nama panggilan kecil saya)
saya : biasa lah om, bla bla bla..
om : tau ga Yu, itu SIM nya om udah habis Januari lalu. padahal polisi udah melototin pake senter, tapi kok ga kena ya
saya : ciakakakaka...

dodol dah ah!


buat para pembaca
ingat, akan ada suatu masa kita akan ditanya tentang harta kita..
darimana asal harta kita?
dan dihabiskan untuk apa?
pastikan tidak keluar dari kita sepeser pun untuk membeli harga diri oknum2 bejat itu (baca : suap)
karena itu pasti akan ditanya nantinya..
ya karena itu akan ditanya..


smoga berguna

adzanwahyu.com

3 komentar:

masmuz mengatakan...

mas adzan, polisi ntu kagak jadi nilang karena jurus 'slip biru' atau karena tampang mas yang 'ABCD' (ABRI BUKAN CEPAK DOANK)?..hehehe

Adzan W. Jatmiko mengatakan...

hehe.. yg pasti karena izin Allah boss kekeke

Ade Aan Wirama mengatakan...

Saya dulu pernah hampir ditilang sama polisi di dekat perempatan Tomang, gara2 saya keluar tol slipi, langsung masuk jalur busway, kemudian motong jalur langsung ke kiri untuk putar balik ke rs harapan kita.

Polisi nyetop, berhubung saya lagi buru2, jadi dia belum sampe nyamperin mobil, saya udah keluar dan langsung nanya "kenapa pak?" (tembak dulu).

P: "Bapak tau nggak salahnya apa"
A: "Nggak tau"

P: "Bapak harusnya tidak boleh lewat jalur busway"
A: "Saya keluar tol udah macet banget, nggak bisa ambil jalur kiri, jadi terpaksa dikanan terus"

P: "Ya kalo dikanan harusnya begitu jalur busway udah selesai bapak langsung ambil kiri"
A: "Saya udah coba kasih sign kiri, tapi nggak ada satu mobilpun yang ngasih saya lewat sampe akhirnya saya bisa motong kiri"

P: "Nah bapak harusnya jalan pelan, jangan jalan terus sambil kasih sign"
A: "Kalo saya jalan pelan, justru saya nggak bakal dikasih lewat selain itu mobil dibelakang udah ribut pak"

Selama pembicaraan itu, saya berdiri tegak, melihat matanya dan nggak ada keraguan sedikitpun bahwa saya bener.

P: "Ok pak, lain kali lebih berhati2 silahkan jalan"
A: "Udah pak ? gitu aja ?"

P: "Ya pak, selamat jalan"

Mmm, entah ini memang polisi baik, atau kehilangan akal mau nyalahin saya apa lagi..hehehehe. Yang jelas belum sempet nanya surat2 dan lain sebagainya karena saya nggak ngaku salah.

Ade Aan Wirama