Kamis, 13 September 2007

Membuat Keributan di Timur dan menyerang di Barat

sheng dong ji xi....
Begitulah bunyi pepatah cina kuno yang artinya membuat keributan di timur dan menyerang barat. Istilah ini dimulai ketika era tiga kerajaan ketika Cao-cao ingin merebut kota Baima sebagai penyuplai makanan bagi pasukan cao-cao. Pada saat itu kekuatan musuh dalam jumlah besar bergerak menuju Baima. Cao-cao dalam posisi dilema. Salah seorang Jenderal menyarankan agar cao-cao berpura-pura menyerang salah satu kota musuh yang paling strategis untuk tipu daya. Musuh pun panik, dan berputar arah untuk melindungi kota itu. Begitu juga pasukan cao-cao, berputar arah dan akhirnya merebut Baima dengan mudah...

sheng dong ji xi...
Ray Kroc pun seperti menjadikan bisnis burger McDonald sebagai tameng (wilayah timur yang dibuat keributan) untuk menjadi kaya dari property tempat McDonald berdiri (wilayah barat yang sebenarnya ia incar). Ingat, Ray Kroc itu sebenarnya kaya dari berbisnis property.

sheng dong ji xi...
J
adi teringat kisah para penambang emas amerika. Kala itu semua orang mendengar isu bahwa banyak emas yang ada di perut bumi amerika. Ramai-ramai semua orang beralih profesi menjadi penambang. Tetapi kemudian, siapa yang menjadi kaya? bukan para penambang emas, melainkan produsen, agen, penjual peralatan menambang! bisa jadi para produsen dan penjual peralatan penambang yang menghembuskan isu-isu itu...

sheng dong ji xi...
C
ontoh lain, Misalkan saya memiliki perusahaan IT untuk mengembangkan Operating System(OS) sebuah komputer. Saya ingin agar OS saya digunakan dimana-mana. Saya ingin mengambil keuntungan dari program-program yang kompatibel dengan OS saya nantinya ketika sudah digunakan dimana-mana. Saya pun menyerang Barat dengan menyebarkan CD software OS saya yang gratis (baca:bajakan), sehingga hampir semua orang menggunakan OS yang saya ciptakan. Dan tentu saja, saya terus berkoar-koar bahwa pembajakan dimana-mana, kami dirugikan, dan lain-lain. Tapi saya menang, tujuan utama saya adalah agar OS saya digunakan dimana-mana. Ini cuma contoh lho :)

sheng dong ji xi...
B
isnis warnet menjadi bombastis akhir-akhir ini. Siapa yang diuntungkan? tentu saja, toko komputer, Internet Service Provider, dan komponen-komponen yang berhubungan. Saya sendiri hampir tidak mengambil keuntungan dari warnet yang saya dirikan, karena saya mengambil keuntungan dari bandwidth yang dijual ISP kami. Karena itu, tidak ada yang bisa mendirikan warnet dengan jasa semurah kami, dan dengan profit sharing semurah kami :)

sheng dong ji xi...
sheng dong ji xi...

S
ilakan tambahkan contoh yang lain...
Semoga menginspirasi
wassalam
adzan101.blogspot.com



Tidak ada komentar: