Selasa, 27 Januari 2009

Swasembada Pangan Indonesia (I have a dream..)


boleh donk ngikutin kalimat martin luther king, i have a dream..
tapi bukan bermaksud ngikutin iklan salah satu parpol yg jualan kecap swasembada pangan..

mimpi saya adalah swasembada pangan yang sesungguhnya..
rakyat Indonesia sangat mampu untuk mengisi perutnya secara gratis..

terlalu muluk?
oke kita breakdown pelan2..

jika seandainya pemerintah memberikan sumbangan 5jt per RT di indonesia..
oala mana mungkin ya hehehe.. hari gini ngarep pemerintah.. oke lupakan..

jika seandainya ada hartawan yg dermawan yang bisa me-wakaf-kan uangnya sebesar 5jt untuk RT tempat dia tinggal.. (kayaknya kok ga susah ya..)
masih susah?
oke anggeplah semua hartawan itu pelit (naudzubillah)

nih, ane kasih cara yg lebih mudah..
kata Aa Gym kan mulai dari yg kecil/mudah, mulai dari sekarang
misalkan satu RT itu berisi 100 kepala keluarga.
masing2 kepala keluarga nyumbang Rp 50.000, maka terkumpul Rp 5jt
ga sanggup nyumbang? subsidi silang..
masih ga sanggup juga? oke, dicicil aja 10rb sebulan, 5 bulan juga kekumpul kan..
toh semiskin2nya orang juga bisa belanja pulsa tiap bulan, betul ga

oke, kembali ke duit 5jt..
bisa tuh di bikin usaha pembesaran lele misalnya..
bisa beli 10.000 bibit lele ukuran 10cm, panen sekitar 40-50 hari, dengan total penjualan hingga 7,5jt

biaya kolamnya?
ya gotong royong aja atuh, kerja bakti rame2.. cari tanah kosong di wilayah RT
atau sewa juga bisa
beres ya?

50 hari kemudian, sekarang kas RT 7,5jt bisa beli 15.000 bibit
50 hari kemudian, bisa membeli 22.000 bibit
50 hari kemudian, bisa membeli 33.000 bibit
50 hari kemudian, bisa membeli 50.000 bibit
50 hari kemudian, bisa membeli 75.000 bibit
50 hari kemudian, bisa membeli 100.000 bibit
50 hari kemudian anggeplah dipanen, 30.000 ekor buat dimakan sendiri, 70.000 sisanya dijual untuk kemudian dibelikan 100.000 bibit lagi.. begitu seterusnya..

30.000 buat dimakan sendiri,
artinya satu kepala keluarga dapet 300 ekor ikan lele setiap 50 hari
jadinya setiap kepala keluarga, per hari dapet 6 ikan lele
sangat cukup untuk ketahanan pangan satu RT

yap sesimple itu..
dengan modal 50rb per kepala keluarga (sama lah kayak jatah pulsa kita sebulan)
dan nunggu selama setahun (ya sabar dikit lah)
maka tiap kepala keluarga bisa mendapat jatah 6 EKOR LELE PER HARI
dahsyat bukan!!

nah, sesudah satu tahun, urunan lagi deh 50rb per kepala keluarga..
jadinya di tahun kedua, satu keluarga akan mendapat jatah 12 ekor lele per hari..
separuhnya bisa dijual untuk beli beras..

klo perlu pak RT membuat dapur umum yang besar..
jadinya untuk urusan beras, satu RT masak bareng2 di dapur umum, baru dibagi2kan ke warga nya..
Beli beras klo grosiran satu RT kan bisa murah.
klo perlu beli dari petani langsung, bisa motong rantai distribusi, sekaligus bisa menghapus ijon
RT pun bisa punya divisi koperasi yaitu usaha agen beras, tentu saja yang beli bukan warga RT sendiri..

ditahun ketiga urunan 50rb lagi per kepala keluarga..
lanjutin sendiri deh ceritanya :)

bayangkan seandainya semua RT di indonesia mencoba langkah ini..
sudah tidak ada lagi orang kelaparan di negeri ini..
inget, semua masalah itu berawal dari rasa lapar! percaya deh..

klo orang udah kenyang, bisa berpikir jernih
klo orang udah kenyang, bisa deh diajak ngomong yg laen yg lebih kreatif
klo orang udah kenyang, bisa lebih banyak berkarya
klo orang udah kenyang, negara aman..

dan kenapa mesti lele?
karena ikan lele itu tahan banting..
karena lele itu ekonomis
bisa diadopsi di semua wilayah indonesia..
termasuk di daerah kering macam nusa tenggara

klopun ga bisa lele, bisa ditukar dengan ikan lain, atau bebek, domba, atau bahkan kebun singkong, sawah dsb.. sesuai potensi wilayah aja
smua bisa, asalkan kita mau!
karena indonesia adalah negara kaya..
air sangat melimpah..
tanah subur melimpah..
tanaman juga mudah ditanam..
ayo.. buktikan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta
buktikan klo bangsa kita bisa mandiri

mau mencoba?
mau mau mau...
kita bisa!!

adzanwahyu.com

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Saluuut buat boss adzan, pemikirannya mateb untuk mensejahterakan Indonesia. Kalo ikut bursa calon presiden harus dipilih neh.
BTW sebaiknya memang dilakukan perubahan atas budidaya yang dibiakkan, jangan sampe setahun semua warga RI makan lele melulu:) hehehehehe.
Jangan lupa untuk memasarkan hasil bududaya menggunakan media website. Gunakan jasa kami untuk membuatkan website bagi kamoditas Anda di http://www.agunghoster.com

OKE salam SUPER!!!!

Anonim mengatakan...

Bozz kita yang satu nih emang paling kreatiff. kayaknya otaknya jalaaaan terus ye ...Two tumb for you..

but boleh dong ane kasih sedikit masukan..

1. kayaknya orang nusa tenggara gak doyan lele mas, he he di sono tuh ikan laut yang enak2 banyak sekali, kelaut sebentar dapet deh..

2. kalo semua piara lele rasanye kagak ada yang beli, kan udah punya lele

he he tapi btw ok juga tuh idenya

salam fuantaztic

pensiun kaya mengatakan...

salam kenal bos...

Adzan W. Jatmiko mengatakan...

hehehe tengkyu atas koment2nya..

lah klo bosen pakan lele ya barter aja atuh ke pasar sama yg laen hehe..

maksud ane bgini..
misalkan RT 001 penghasil lele
trus RT 002 penghasil telor ayam
RT 003 penghasil cabe dll..

lah kan tinggal barter2an klo bosen
(btw RT 003 kasian bgt yak tiap hari makan cabe wkwkwkwkw)

skalian ngejawab pertanyaan orang nusa tenggara ga doyan lele. ya jualin aja lele nya

klo smua piara lele ga ada yg beli? bos, open your mind... kita bisa ekspor.. itu sbnrnya tujuan nulis ini

lamandel mengatakan...

Setuju...

Ayo pak RT mana yang mau realisasi. Aku ikutan nyumbang deh, atau mas adzan mulai dulu dari pembaca blog gimana!!!

keep posting and inspiring