Jumat, 11 Desember 2009

Hobi dan Keberkahan

Di sebuah sisi dunia,

Mr.W
"dulu pas masih kerja, apa-apa di suruh mark-up. hati kecil ini rasanya berontak. malu sama tukang becak, yang sepertinya lebih mudah ketika Allah meng-hisab nanti."

Mr.X
"gile, gw ga kuat nih kerja di kantor gw sekarang. dikit2 suruh entertain orang. untungnya bisa gw akal2in, jadi selalu bisa selamet. tapi klo gini terus, gw kaga betah juga nih."

Ms.Y
"loe ga tau sih dzan, coba loe masuk ke sistem disini. ujiannya maha berat. belom lagi klo atasan minta setoran. aduh ampuun.."

Mr.Z
"ya klo gw ga bagi2 jatah, nanti kontrak gw di putus. karyawan dan keluarga gw mau makan apaa?? ya terpaksa harus begini, mau gimana lagi...."

masya Allah...
betapa beratnya ujian mereka.
saya sendiri dijamin ga akan bisa sekuat mereka klo saya di posisi yg sama.
sungguh Allah Maha Bijak, menempatkan hambanya yang lemah ini di jalan takdir yang lebih mudah insya Allah.

Sementara di belahan bumi Allah yang lain, dua orang pemuda yang berjualan komputer di www.jasakomputer.com hehe kok jadi promosi ya..

saya : Ded, ada bapak A, saudara kita yg shalih, mau beli komputer yang second murah2 buat di rumahnya. soalnya anak2nya di rumah suka rebutan menggunakan komputer, jadi mau tambah deh. tadi udah gw kasih harga 750rb, spek pentium 4 yang biasa.

dedy : Dzan, itu komputer pentium 4 yang murah barang kita sudah habis. ada nya spek yang diatasnya, beda harganya hampir 100rb. gimana donk..

saya : wah gawat. sebentar deh Ded. gw sms bapak A dulu yaa....

( saya sms bapak A untuk menjawab duduk perkaranya, belio menjawab "Mau pak. 1jt jg nggak apa" ... subhanallah)

saya : gpp Ded katanya, insya Allah bapak A sudah mau. tapi ada satu yg kelupaan Ded hehe.. itu harga tersebut kan belum gw masukin keyboard, mouse, speaker. gimana donk..

dedy : yah gpp lha dzan. bapak A kan saudara deket kita, selama ini sangat baik sama kita. dikasih aja itu keyboard, mouse, speaker..

saya berkata dalam hati, Alhamdulillah ya Rabb.. saya dikumpulkan dengan orang2 yg pandai bersyukur kepadaMu, dijauhkan sifat tamak serakah dari kami..
saat itu posisi saya sedang di mobil bersama istri, kemudian saya bicara ke istri

saya : neng, itu kan komputer murah yang dibeli bapak A itu casing-nya juga second. casing second kan jelek ya?

istri : ya Allah mas.. masa' mau kasih casing begituan ke bapak A. malu tau. apalagi selama ini bapak A baik sama kita. kasih yang baru saja lah. bedanya cuma 85ribu kan..

saya berkata lagi dalam hati, Alhamdulillah ya Rabb... saya diberikan olehMu pendamping hidup yang juga pandai bersyukur...

saya : Ded, ganti casingnya sama yang baru..

dedy : Ok Dzan, hehe maksudnya ga dapet untung nih?

saya : haha, yang penting buat bensin yang anter komputer ada deh..

kan membuat seneng saudara yang butuh komputer juga kebaikan, ga mungkin Allah sia2kan kita Ded, lanjut saya dalam hati.

tibalah malam itu serah terima komputer, dan ternyata saya dan dedy lupa bawa keyboard, mouse, dan speaker itu.

Bapak A : ini yah uangnya..

saya : alhamdulillah, terima kasih pak. tapi mohon maaf saya kelupaan bawa keyboard, mouse sama speakernya.

Bapak A : ah ngapain sih pake gitu2an.. di rumah saya masih banyak..

nah loh.. hehe..
tapi insya Allah tetep akan saya antar kok pak :)

lepas dari itu saya juga ditraktir sama bapak A makan Sop Iga bersama bro Dendy. dan alhamdulillah Sop Iga nya rasanya asin juga hahahaha... barakallah

ketika esok harinya menyerahkan uang ke bagian keuangan, eh ternyata uangnya lebih, kemudian saya sms bapak A.

saya : pak, mohon maaf ini uangnya kelebihan. nanti saya transfer yaa.. mohon maaf semalem tidak saya hitung lagi

bapak A : hehe saya kan bukan beli PC, tapi mohon dibawain PC. terserah donk mau kasih berapa

saya : alhamdulillah, barakallah.. semoga bapak dan keluarga dilapangkan rizkinya dalam keberkahan amiin....

yah, begitulah kehidupan saya yg cuma jualan komputer ini. alhamdulillah saya sangat menikmati peran saya di dunia ini.. sementara banyak orang yang mengeluh tentang peran nya di kantor seperti cerita di awal tulisan ini.

Ada perubahan signifikan dalam kehidupan saya beberapa bulan terakhir. dulunya saya sangat hobi dengan dunia flora dan fauna. indikator hobi adalah banyaknya waktu yang kita habiskan dengan-nya

Nah, beberapa bulan terakhir ini flora dan fauna saya tidak saya urus hehehe (akhirnya jadi istri yg urus). dan ketika saya hitung2, waktu saya justru habis banyak untuk jualan komputer/warnet ini. Wah alhamdulillah berarti sekarang hobi utama saya adalah jualan komputer.

kemarin juga begitu ketika jualan paket warnet di www.warnet-alpha.net
ada yang membeli paket 10 komputer second dengan harga yang sudah disepakati.
nah ternyata saat itu hardisk second tidak ada stok barang, akhirnya kita beli hardisk baru yang harganya beda hampir 100rb/pc. wah klo dikalikan 10 pc, rugi kita 1jt dooonk...
tapi gpp deh, abis customernya baik banget..
hardisk baru ada garansi 2 tahun, yang semoga akan memudahkan sang customer dalam menjalankan warnet nya nanti, amiin..
anggep aja kasih hadiah, masa' sih Allah ga bales klo kita kasih hadiah ke orang hehe

begitu juga monitornya, sesuai perjanjian awal kita harus membeli LCD 17" second. tapi ternyata barang lagi2 habis.. akhirnya kita beli yang LCD 18"..
makanya alhamdulillah, kita selalu melebihi harapan dari customer.
(kebayang kan sedihnya pas kemarin ada yang bilang harga kita kemahalan... ampun deh.. klo saya bayangin kerja saudara2 saya yang banting tulang itu, kok rasanya komentar itu jadinya jahat sekali yaa... smoga Allah mengampuninya..)

semalam pak ustadz bilang,

banyak banget orang yg berdoa minta "sesuatu", tapi lupa doanya supaya "sesuatu"-nya itu dimudahkan baginya untuk meraihnya.

banyak banget orang yg sudah minta untuk dimudahkan, tapi lupa doanya untuk juga diberikan keberkahan setelahnya.

buat apa pangkat tinggi, jabatan tinggi, dan lain2 jika tidak ada keberkahan?
bikin keluarga tidak harmonis, ditinggalkan teman2, bahkan jadi melakukan sesuatu yang dibenci Allah? itu adalah tanda-tanda ketidakberkahan.

jadi jangan lupa ketika kita minta sesuatu kepada Allah (minta proyek misalnya hehe), ditambah juga untuk minta dimudahkan dan minta diberkahi

salah satu ciri keberkahan adalah ketika ikhtiar kita justru membuat kita semakin dekat ke Allah, begitu lanjut pak ustadz.

Duh, nikmat banget ya klo jalan menjemput rizki begini terus.. sesuai hobi kita.. dan nikmat banget klo semua customer seperti bapak A itu..

Alhamdulillah ya Rabb jika rizki ini telah diberkahi... izinkan hambaMu ini untuk menjadi bagian dari orang2 yang bersyukur, mudahkanlah.. dan berkahilah.. amiin

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap..pa adzan, saya pun ingin seperti kalian semua..doakan ya,amin

Zidni mengatakan...

Nice one,
keberkahan dalam ikhtiar, ketika kita menjadi makin dekat dengan Allah dalam ikhtiar kita.

Muhammad Rif'at mengatakan...

assalamu'alaikum pak adzan...sebelumnya perkenankan saya memperkenalkan diri...nama saya muhammad rif'at...kebetulan saya sedang kepepet karena sudah 1 tahun ini saya belum diterima kerja, mungkin karena nilai saya pas2an dan mungkin karena pribadi saya yang pendiam dan kurang supel. sehingga mungkin banyak para pencari pekerja belum menerima saya. kemudian saya ingat kata-kata bapak Mario Teguh, "untuk berwirausaha salah satunya kita harus merasa kepepet". mungkin ini yang sedang saya alami. disamping itu, saya memang sudah bertekad dari semenjak saya sekolah untuk tidak terpaku mencari pekerjaan kepada orang lain. saya bercita-cita menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan. yang ada di pikiran saya saat ini adalah membuka usaha warnet dan penjualan komputer. walaupun saya masih belum mempunyai modal, saya saat ini sedang mempelajari tentang bisnis yang rencananya akan saya jalankan. mohon petunjuk dari bapak. berapa kisaran modal dalam ukuran kecil, dan sedang yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut. juga mohon kemurahan hati bapak untuk berbagi informasi distributor-distributor yang menawarkan harga yang bisa dikatakan murah. karena saya ingin membuat toko komputer di luar mangga dua, tetapi dengan harga yang tidak berbeda jauh atau sama dengan harga mangga dua. sehingga saya bisa membantu mengurangi ongkos transport orang yang ingin membeli komputer dengan harga sama dengan membeli di mangga dua.

kiranya cukup sekian dulu dari saya.
semoga informasi yang bapak berikan bisa bermanfaat bagi saya.

wassalamu'alaikum.

Riferson mengatakan...

Wao keren bgt,,

http://rifersons06.student.ipb.ac.id