Minggu, 22 Januari 2012

Fokus!

Awal-awal

Pertemuan-pertemuan itu masih berkesan, sarat ilmu-ilmu bergizi.

bertemu kembali karena menjadi customer www.plasaemas.com awalnya suka beli emas 300gram, namun di awal-awal Januari, pengusaha sukses asal daerah ini membelanjakan emas 2kg dalam waktu seminggu. Yes, total transaksi melebihi 1Milyar! karena penasaran, sy datangi langsung, untuk menimba ilmu...

Bisnisnya simple, hanya tentang pendidikan. Klien-nya? jangan tanya, lebih dari 5000 sekolah dan perguruan tinggi! orangnya low profile (high profit tentunya). Bagi orang awam, mungkin namanya terdengar asing. Beliau sangat menhindari personal branding, dan jg menghindari tawaran2 jd pembicara bisnis. Baginya, brand perusahaan lah yg terpenting, bukan brand owner nya

Sehari-hari selalu berkutat hanya di bisnisnya. Alkisah pernah memergoki beliau di toko buku, ternyata sedang memborong CD bertemakan marketing dan "how to sales". awalnya penulis mengira CD tsb untuk konsumsi pribadinya, ternyata salah. CD itu untuk ditonton bareng oleh karyawan2-nya, dan kemudian berdiskusi. Beliau mengaku rutin melakukan hal tsb bersama karyawan2nya. Luar biasa!

Pertemuan malam itu berakhir hingga pukul 11. Beliau bercerita kedatangan tamu dari Korea yg kurang lebih bisnis nya sama dengan-nya. Tapi ternyata perusahaan korea ini "hanya" memiliki 300 sekolah sebagai klien. Secara teknologi, sumberdaya manusia, tertinggal jauh dari perusahaan beliau, yg notabene produk asli dalam negeri. Bangga ga tuh kita!

Roda bisnisnya pun berputar kencang. Sang owner setiap hari selalu berada di kantor2nya. dan meng-improve bisnisnya. kalaupun keluar kantor, hanya bertemu klien saja. ketika ditanya peluang untuk mencoba bisnis lain, dengan rendah hati beliau menjawab "aku bisa nya cuma ini aja mas.." Luar biasa fokus!

penulis jd teringat, suatu saat pernah bertanya dengan pak Roni yuzirman,
"Pak, kok gak bosen2 di garmen? mengapa? dan rahasia nya apa?"
beliau menjawab,
"Gampang aja mas, di garmen ini ga pernah ada abisnya, lalu mengapa harus coba yg lain?"
Nah, begitulah contoh pengusaha yg punya visi..
karena mereka mau optimal bisnisnya, dan melihat mimpi besar bisnisnya, boro2 deh lirik bisnis lain, boro2 melakukan aktivitas lain yg sia2. Fokus di bisnis!

memahami dampaknya untuk fokus, penulis pun meminta izin dgn partner nya (Bpk Dedy Kurniawan)untuk "cuti" dari bisnis IT di PT. Alpha Multimedia. hingga semester akhir 2011 fokus di plasaemas. omzet pun melesat 2 kali lipat. Setelah merapikan sistem dengan lebih fokus lagi, di 2012 ini kembali meningkat berlipat. kekuatan fokus ini yg membuat plasaemas di tahun pertama berdiri mencetak rekor fantastis. bahkan ada beberapa hari terakhir omzet menembus 10 digit per hari.. semoga bisa terus konsisten dan meningkat.

ah, kmrn jg bertemu dengan sahabat. Beliau bercerita betapa bisnisnya melejit setelah meninggalkan amanah di sebuah organisasi. gak pake lama, bisnisnya melesat hingga buka 70 outlet lebih tersebar di indonesia.

Bagi penulis, seseorang yg memilih untuk multibisnis (termasuk penulis sendiri yg masih berproses) tak ubahnya seperti teman2 kita berstatus karyawan yang nyambi berbisnis atau istilahnya Amphibi. Ga ada bedanya, sama2 gak fokus :)

Memang tetap ada peluang berhasil dengan tidak fokus, walau sangat kecil. Bahkan untuk yg memilih fokus sekalipun tetap ada yg gagal! so, apalagi kalau tidak fokus!

Karena shalat aja harus khusyu, maka bisnis pun harus fokus!

Salam
@adzan_
adzan101.blogspot.com