Jumat, 06 Juli 2012

The Harvest Moon Traps.. Gangguan Zona Nyaman























Buat sebagian kita, pasti pernah main game harvest moon ini. (maaf buat yang usianya diatas 35 ga akan nyambung, generation gap hehe). Game tentang agropreneur, hingga urusan cinta. Penulis pernah memainkannya di console playstation dan juga game boy. Mirip-mirip seperti game FarmVille di facebook.

Dan, main game ini dijamin lupa waktu.. bisa seharian penuh. dulu jaman SMP (atau SMA ya?) paling enak pas bulan puasa, waktu jadi cepet banget dari imsak sampe bedug magrib hehehe... kalau ada yang ganggu? eit... bisa kena semprot dah... bikin anak-anak lupa prioritas, lupa makan, lupa mandi, susah tidur , lupa bantu-bantu orangtua, lupa ngerjain PR, lupa belajar dll. Lupa KEWAJIBAN dan Lupa PRIORITAS. Yang dipikirin hanya soal game-nya saja

Kisah pertama adalah kisah seorang ibu yang usianya mendekati 60thn. ketika masih muda dan suami nya masih hidup, ibu ini adalah pedagang yang rajin dan sukses membesarkan keluarganya. Kini di masa senjanya, sibuk mengurus cucu, sama sekali tidak berdagang lagi.

Yang ada di pikirannya hanyalah, bagaimana cucu-cucu ini (yang juga tidak ada ayahnya), bisa mendapat pendidikan terbaik, fasilitas terbaik dll. akhirnya sang nenek hanya berharap dari gaji si ibunya cucu-cucu ini. berharap belas kasihan dari tempatnya bekerja.

ya begitulah.. tergadai kemandirian karena fokus untuk memberikan yang terbaik untuk cucu-cucunya dengan cara shortcut. Gak kebayang deh kalau tau-tau kena PHK. Yes, cucu-cucu tersebut telah menjadi game Harvest Moon buat sang nenek. ini Harvest Moon Trap.. dan ketika sang nenek "diganggu" ketika sedang bermain Harvest Moon-nya, bisa ditebak reaksinya :)

Sejarah pun mengajarkan demikian, ketika putra Abu Bakar Ash-Shidiq terlambat shalat di masjid, karena keasyikan bersama istrinya yang cantik. Abu Bakar pun meminta putranya untuk menceraikannya, karena telah membuatnya lalai dari kewajiban dan prioritas utama sebagai makhluk, yakni beribadah. Yes, seorang istri pun bisa menjadi Harvest Moon Traps..

Apalagi istri-istri jaman sekarang (bukan istri-istri kita ya..) minta jalan-jalan ke eropa, minta beliin tas hermes, sepatu-sepatu mahal, rumah dan mobil mewah dll. Suami kerja banting tulang, pontang-panting, akhirnya menghalalkan segala cara untuk memenuhi tuntutan istrinya. benar-benar harvest moon traps!

Umar ra yang kuat pun pernah kena jebakan betmen ini. Beliau asik memandangi indahnya kebun-kebunnya, hingga menyebabkan ia telat shalat (masbuk) di masjid. Tapi sekali lagi, Umar menunjukan kualitas pribadinya, ia langsung mewakafkan kebun yang telah membuat dirinya lalai itu. self-control yang hebat dari Umar ra.

Sama aja, dimasa kini pun kita suka asik main dengan anak-anak kita yang lagi lucu-lucunya. dari pagi sampai malam juga tak terasa. Karena keasikan bermain itu, jadi malas untuk bekerja/berdagang. Pendapatan segitu-segitu aja, bahkan cenderung berkurang. Tapi ketika melihat teman sebaya anak kita sudah ikut kursus ini itu, udah ke universal studio singapur, beli ini itu, kita pun ga mau kalah.. padahal pendapatan kita juga gak nambah (ya iyalah main sama anak mulu hehe)

bukan malah gedein lembur (maklum tiap mau lembur inget anak), atau bikin usaha sampingan (enak aja lu mau ngurangin waktu gw main sama anak hehe), yang ada malah minta-minta bonus ke atasan, cari utangan, atau malah korupsi? naudzubillah. Persis ya kayak lagi asik main Harvest Moon :D coba aja orang yang beginian ente nasehatin untuk kerja keras, malah ngamuk yang ada hehe.

Banyak lagi jenis Harvest Moon Traps yang lain, misalkan orang yang hobi modif mobil, atau orang yang gadget freak kayak suka jajan aksesoris kamera, atau orang yang hobi traveling misalnya. Duitnya ya abis aja kesana. Giliran temen seangkatannya bisa nikah, bisa beli rumah, bisa investasi Logam Mulia, mereka pun bertanya-tanya, kok bisa ya duit darimana?

Atau ketika temennya bisa naik pangkat or jabatan, bisa ikut pengajian-pengajian, dan lain-lain, mereka pun bertanya "kok bisa sih?" ya iyalah, ketika teman-temannya sibuk kuliah malam, aktif ikut seminar, nah mereka malah jalan-jalan traveling. trus nanya lagi "kok sempet sih kuliah malam, kok sempet sih seminar?" ya makanya jangan jalan-jalan mulu woiiii hehe...

Nah, Harvest Moon Traps teman-teman apa? di share dong.. Tulisan besok akan masih tentang Harvest Moon Traps penulis sendiri, dan tips-tips mengatasinya.. sukses selalu teman-teman!