Selasa, 17 Juli 2012

Hitung ulang yuk!

Aha, temanya masih tentang jebakan-jebakan..

Alkisah ada si X (seorang entrepreneur) yang sedang berdiskusi dengan saudara perempuannya yang bernama Y.. tentang adik sepupu mereka, sebut saja Z, yang baru saja lulus kuliah dan mencari pekerjaan.

Menurut si Y, lebih baik kerja kantoran daripada berbisnis. maksud si X baik, menawari pekerjaan, karena si Z ini kesulitan mencari kerja. bahkan berani memberikan sebagian saham diluar gaji yang didapat.

Tapi Y keukeuh, lebih baik bekerja di perusahaan pada umumnya, gaji 3,5juta daripada kerja ikut di usaha saudara walau dengan gaji 6juta sekalipun. Alasannya karena kerja di perusahaan biasa banyak asuransi, tunjangan pendidikan anak dll. si Y ini girang, karena setiap tahun anak-anaknya mendapat tunjangan pendidikan dari kantornya, begitu juga dengan asuransi kesehatan. hehe kena jebakan betmen...

 Padahal kalau di-rupiah-kan, tunjangan-tunjangan tersebut "hanya" bernilai tak lebih dari 15jt/tahun. atau 1,3jt/bulan. sementara selisih gaji nya udah 2,5jt/bulan.

 "Lho tapi kan kalau jadi karyawan, ada kenaikan gaji, karir dll?" kata si Y..

"Lha sama aja dong, ditempat gw kan jg di kasih share saham juga, malah terus meningkat seiring berkembangnya perusahaan. Malah ini nantinya jadi perusahaan besar" balas si X.

Tetap saja si Y bertahan dengan pendapatnya... Alhasil si Z pun tetap memilih menjadi karyawan di perusahaan pada umumnya



 Kasus kedua, si A yang PNS vs dan si B yang karyawan swasta, dan si C sang pengusaha

A : enak ya kamu kerja di swasta gaji gede

B : Lha enakan kamu dong di PNS, ada uang pensiun nanti.. sy malah mau jadi PNS

A : tetep aja gaji ngepas banget

B : tetep aja hari tua ga usah repot... bener kan C?

C : udah.. udah.. ga usah ribut... gaji kalian tiap bulan berapa sih?

A : 7jt. Pas pensiun dapat 3jt/bulan

B : 12jt. Pas pensiun alamat bisa stress

C : ya udah kamu B, ambil aja tiap bulan 7jt sama seperti A, sisanya 5jt ditabung. dikumpulkan setahun anggap saja terkumpul 50jt tuh. investasi deh. tapi ke tempat yang terpercaya ya.. dari 50jt itu, bisa lho dapat 1jt/bulan kalau invest di bisnisnya Adzan W. Jatmiko penulis blog ini. akad pembiayaan jangka waktu 3tahun.(lho kok jadi promosi, Hehe itu cuma contoh, bisa juga invest ke bisnis-bisnis lain..)

nah dengan cara linier saja, misalkan masa kerja kita 25 tahun saja, maka kamu B, pas pensiun nanti punya uang pensiun juga, yang bahkan melebihi 25jt/bulan. Gimana? lebih gede dari A kan?

 B : Iya juga ya..

A : Tuh kan gw kalah..

C : belom selesai. anggaplah harapan hidup manusia itu 10 tahun paska pensiun. berarti total yang mas A kumpulkan selama pensiun itu katakanlah 400jt. kalau angka 400jt ini di convert ke 25tahun masa aktif bekerja, maka sebenernya "cuma" nambah 1,3jt/bulan untuk gaji mas A sebagai PNS lho... ilusi yang hebat yah :)

Nah, dari dua kasus itu, jadi nulis ini deh.. Intinya, karakter hampir semua manusia itu..
1. Penakut
2. Senang comfort zone
3. Butuh Kepastian
4. Butuh rasa aman
5. (tambahkan sendiri...)

So, masukan saya buat para entrepreneur, hikmahnya adalah...
misalkan anda punya budget tertentu untuk gaji karyawan.. jangan langsung dikasi semua dalam bentuk gaji... tapi juga dipecah dalam bentuk
1. asuransi kesehatan
2. tunjangan pendidikan anak
3. beasiswa untuk karyawan melanjutkan kuliah S2 misalnya
4. Bonus 5 tahunan untuk umroh/wisata rohani
5. Kendaraan kantor, yang setelah 5tahun jadi hak milik
6. Arisan emas 24 karat 
7. Memberikan uang pensiun seperti PNS, why not? toh "cuma" nambah 1,3jt/bulan seperti ilustrasi diatas.
8. dan lain-lain..

 Dengan nominal yang lebih hemat, tapi karyawan akan lebih senang :D

 semoga berguna ya..
 @adzan_
 adzan101.blogspot.com

5 komentar:

coating thickness murah mengatakan...

hiii mantap deh hitung ulangnya 0-0p

busana muslim murah mengatakan...

hahahahhhaha jadi bingung sendiri huhahahahahahaha :D

Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia mengatakan...

Iyah, bingung juga ngitungnya hehe... Keren artikelnya mas :)

Sepatu Futsal Nike mengatakan...

Saya kira si C bakalan menunjukkan bahwa entrepreneur adalah pemenangnya,he2

Hadi Djufri mengatakan...

TOP mas Adzan...smoga saya yg мāsϊћ newbie ini bsa stidaknya mndekati dkit2 spt mas adzan ;).
Saat ini saya emank wirastawan sejak SMA dan ijazah masuk lemari.,‎​​اَلْحَمْدُلِلّهِ hasilnya benar2 sdh masuk tahap terjamin kebutuhan Rmh tangga,amin .smoga bsa ktemu mas utk silaturahmi dan belajar,apalagi bisa jd rekan bisnis,wowwwww.....انشـــــاء الله smoga,amin.

Salam...

CV.Abjatex
Produsen Baju Koko dan Baju Muslim/Muslimah Dewasa/Anak2,Pria,wanita Merek "Riyadi & Malaca".
Agen Sarung Produksi PT.Dutatex Merk Tarbush,Al-ikhrom,Cincin Zamrud,Al-Bawadi.

Pin:28CD5813
Telp : 082140306833
YM : joefry_eyes
Email : riyadi_house@yahoo.com
Surabaya,Jawa Timur.