Selasa, 04 November 2008

Bisnis angkot, modal gede margin tipis, tapi konsisten..

Setelah almarhum ayah saya pensiun dini dari TNI ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, usaha yang dipilihnya adalah angkot. Ya, angkot-angkot inilah yang menyekolahkan 4 anak2nya hingga ke bangku kuliah, bahkan dua diantaranya sempat di luar negeri.

Sekarang lagi jaman susah, mau nyari duit receh-receh juga susah. Perusahaan-perusahaan yang ada beberapa sudah gulung tikar, beberapa hidup segan mati tak mau, sangat jarang perusahaan yang tetap bisa melaju kencang.

Krisis ini pun memimpa perusahaan yang saya pimpin ketika laju pertambahan klien menjadi melambat, bahkan klien2 yg sudah ada menurunkan layanan untuk mengurangi biaya produksinya. Tapi alhamdulillah klo untuk berhentinya klien berlangganan tidak kami alami, karena klien kami selalu puas dengan layanan perusahaan. Wah harus segera mencari solusinya donk nih untuk mencari back up jika terjadi force majure.

Akhirnya pilihan pun jatuh ke bisnis angkot. Tujuh alasan kenapa usaha angkot?
1. Saya mengetahui persis bisnis ini karena bisnis angkot ortu sudah 15thn berjalan
2. Walau sedikit, Angkot memberikan hasil yang konsisten setiap bulan, tidak peduli krisis
3. Saya memiliki bengkel rekanan yang terpercaya
4. Jaringan supir yang amanah
5. Sistem yang sudah teruji
6. Tempat parkiran yang luas jika usaha berkembang
7. Harga jual kembali yang tidak jatuh. Angkot baru seharga 195jt ketika sudah 5thn masih bisa dijual 160jt. Keren kan! yang bikin mahal trayek nya ternyata

Gimana itung2annya?
Modal angkot baru : Rp 195.000.000
Pemasukan per bulan : Rp 180.000 x 30 hari = Rp 5.400.000
pemasukan per bulan akan berkurang sekitar 3-4% setiap TAHUNnya seiring bertambahnya usia mobil (buat servis2 maksudnya)

Simulasinya seperti ini
Pendapatan di tahun pertama : 5,4jt per bulan
Pendapatan di tahun kedua : 5,2jt per bulan
pendapatan di tahun ketiga : 5jt per bulan
pendapatan di tahun keempat : 4,8jt per bulan
pendapatan di tahun kelima : 4,6jt per bulan
pendapatan di tahun keenam dan seterusnya insya allah tetap di : 4,4jt per bulan
(berdasarkan pengalaman 15thn hehe)

Lumayan kan..
walau margin tipis tetapi konsisten.
bayangkan 15thn tahan banting ga ngaruh sama krismon
gimana minat tidak?
oiya kemarin saya baru cek dealer (mau tambah armada critanya hehe)
klo kredit 3thn itu TDP nya 110jt dan cicilan 3,7jt per bulan.

Bisnis angkot ini cocok untuk distribusi risiko kita. Terutama temen2 yg hobi bisnis yang berisiko tinggi. Jangan semuanya ditaruh di tempat yg berisiko tinggi, berdasarkan saya, klo lagi susah ya ga ada sama sekali hehehe.. usaha angkot ini layak dikoleksi

Saat ini armada kami ada 4 buah. Dan kami pun menerima investasi angkot anda klo anda ga mau repot, dan hanya mengenakan manajemen fee sebesar 15% sudah termasuk sewa tempat untuk parkiran. Gimana, menarik bukan?


atau ada alternatif bisnis yang lain, seperti bisnis warnet..
dengan modal yg sama dengan angkot, menghasilkan keuntungan bersih 7jt/bulan
bisa baca di artikel http://adzan101.blogspot.com/2009/09/bisnis-warnet-hanya-9jt-buruan-sulap.html
atau bisa langsung nanya2 sama jasa warnet di www.warnet-alpha.net
telp aja di 021-92699236 (warnet sampai saat ini (2011) masih menguntungkan)

sukes selalu
www.adzanwahyu.com

7 komentar:

Zidni mengatakan...

Langsung mengundang investor nih :)
Mau bisnis angkot gelap nggak zan?
trayeknya bagus,
cuma nariknya malem (namanya juga gelap :P)

Adzan W. Jatmiko mengatakan...

bukan ngundang investor jid.. tapi coba nolong orang aja insya Allah hehe..

coba aja itung manajemen fee 10%, buat gaji satu orang aja kaga cukup, belum buat sewa tempat.

apa dinaikin aja ya jadi 15% hehehe (gara2 zidni neh hahaha)

angkot gelap? bisnis plan plis

Anonim mengatakan...

Mas Adzan,

pengen tanya2 tentang memulai bisnis ini.
Ada YM atau pun email yg biasa digunakan ?

salam,
bagus

Arifin mengatakan...

Ini angkot model apa ya? Angkot sejenis minibus (KWK, Mikrolet) apa mikrobus (Metromini, Kopaja, dll)?

setya upaya mengatakan...

mas saya rencananya akan bli angkot tahun depan... saya masih bingung milih trayeknya.. apakah ada saran trayek mana yang ramai di daerah BSD

harry matheris mengatakan...

Bisa sharing prosposal bisnis angkotnya kah?kebetulan sy ada dikalimantan selatan,pengen nyoba bisnis angkot,mengenai perijinan dll bgmn caranya?mohon pencerahannya.jk berkenan mohon bs dikirimkan email ke hmsuhangga@syariahmandiri.co.id

weblog-yahya mengatakan...

boleh nnya ga biaya surat2 perizinannya?
kaya biaya trayek, kir am sipa???