Rabu, 22 Juli 2009

Jangan Menyerah

hehe bingung mau nulis judul apaan..
jadi inget lagu D'Massiv yg baru..

awalnya adalah pertemuan dengan sang Guru Timur, beliau menasehati tentang makna dari kegagalan..
berikut kira2 pelajaran dari beliau.

"Jika sebuah peti kita dorong dengan kekuatan tertentu, dan tidak bergerak. kemudian kekuatan kita dobel, tidak bergerak juga.. kita naikan 3 kali lipat, tidak bergerak juga. Bahkan 10 kali lipat pun tidak bergerak. Pasti kita semua mengatakan bahwa itu adalah suatu kegagalan"

"Tapi lucunya, orang seperti Hamzah ra yg menemui syahidnya di medan Uhud, kita semua pasti bilang bahwa Hamzah tidak gagal"

"Ketika saya bertanya kepada peserta seminar, smua menjawab bahwa niat adalah alasannya. Karena niat Hamzah adalah ridha Allah, maka ia tidak gagal, sebaliknya ia menang."

"Maka saya bertanya balik, lalu apa bedanya dengan mendorong peti tadi?? selama niat saya mendorong adalah karena Allah, berarti saya tidak gagal!"

hmm... menarik...
kemudian beliau melanjutkan..

"seandainya kita selalu meningkatkan kekuatan kita untuk mendorong peti setiap harinya, itu lah keuntungan.. tetapi klo kita menggunakan kekuatan yg sama setiap harinya, itu lah kerugian. apalagi klo kita semakin melemahkan kekuatan dorong, itu celaka. begitu kata sayyidina Ali ra"

"masalah peti bergerak atau tidak, itu urusan Allah. bisa jadi Allah justru membuatnya mundur. itu diluar kekuasaan kita. jadi, BERGERAK ATAU TIDAKNYA PETI, ITU BUKAN URUSAN KITA. tugas kita hanyalah meningkatkan usaha kita"

"Jadi, jangan menggunakan parameter kesuksesan dengan sesuatu yg berbau keduniaan.. sukses adalah ketika kita konsisten menjalankan apa yg Allah perintahkan dan menjauhi laranganNya. Bagi saya, pengusaha yg hobi sogok-menyogok dalam proyek dia tidaklah sukses. Sebaliknya pengusaha yg menjaga rizkiNya dari yg haram2, barulah dia disebut sukses.."

"sukses adalah ketika kita istiqomah... dan juga kita selalu meningkatkan ikhtiar kita seperti mendorong peti tadi"

waw.. berasa ditonjok..
untuk tetap istiqomah kita harus memiliki kecintaan yg tinggi..
maka sepulang dari situ penulis langsung berdoa
"Ya Allah... karuniakan hamba sebuah wasilah (maksudnya sarana bisnis) yg hamba cintai.. atau jadikan hamba mencintai wasilah/bisnis yang hamba sedang jalankan..."

oke, kemudian saya cuci otak saya..
kini saya ga peduli sama target2.. karena bergerak atau tidaknya peti, itu bukan urusan saya
fokus saya adalah bagaimana supaya ikhtiar kita selalu meningkat setiap harinya
untuk mengindari rasa malas, saya berdoa seperti yg dicontohkan Rasulullah

“Allahuma inni ‘audzubika minal hammi wal hazan, Allahuma inni audzubika minal ajzi wal kasal, Allahuma inni audzubika minal jubn wal bukhl, Allahuma inni audzubika ghalabati daini wa qohrirrijal ”
Wahai Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan, dari rasa lemah dan kemalasan, dari kebakhilan dan dan sifat pengecut, dan dari beban hutang dan tekanan orang-orang (jahat).

Alhamdulillah, ketika setiap sehabis solat membacanya, rasa malas langsung hilang..

kemudian saya bersama teman2 melahirkan jargon "Tiada hari tanpa penawaran"
entah dengan pertemuan2 bersama calon klien, penawaran via email, bahkan hingga menempel pamflet di jalanan. hehe..
siang2 kena panas.. wah alhamdulillah, ternyata lagi2 doa nya dikabulkan..
Allah yang menguasai hati ini telah membuat saya jatuh cinta yg sangat dalam dengan bisnis yg skrg..
alhamdulillah..

satu hari kita melakukan 20 hingga 50 penawaran..
dan hampir sebulan kita selalu konsisten untuk seperti itu

waw...
luar biasa efeknya..
ya lagi2 saya bilang cuma "efek"

karena saya sudah sukses ketika saya konsisten meningkatkan ikhtiar saya hehe
ISP saya kebanjiran calon klien (www.net-cyber.com dan www.cybernusa.com)
divisi komputer juga kebanjiran order (www.jasakomputer.com pdhl web-nya aja belom bener)
warnet saya pun mencetak rekor yg belom pernah didapat setahun terakhir. padahal kita menyaksikan banyak warnet bertumbangan atau bangkrut (www.warnet-alpha.net)
bisnis Agro juga menunjukan tren kebangkitan..

Ah saya ga mikirin.. lagi2 itu cuma efek...
karena saya sudah sukses ketika saya berusaha :)

sementara ini dulu penjelasan saya tentang status facebook saya terakhir "menghimbau para sales net-cyber untuk menghentikan sementara penawaran, karena kantor pusat kewalahan menangani permintaan baru"

Hari ini adalah hari terbaik dalam hidup saya ...
Hari terbaik karena saya telah memberikan usaha terbaik yang bisa saya berikan!

6 komentar:

ADI mengatakan...

Alhamdulilllah. Amin. Sukses terus pak.

Zidni mengatakan...

Kalo nt yang nulis, bahasanya inspiring banget ya.

Keep writing :)

Tutut Ve Ha mengatakan...

Setuju banget pak. Senada dengan Om Bob Sadino yang mengalir saja seperti air. Dan juga dengan postingan saya : http://anugerahfashion.blogspot.com/2007/07/target.html.
Target lebih cocok dipasang untuk orientasi akherat ya pak. Sedangkan untuk dunia, yang penting berusaha, resultnya kita pasrahkan saja.

Aan Hidayat Djufry mengatakan...

Tulisan pak Adzan selalu saya tunggu tunggu.

Unknown mengatakan...

brather yg satu ini memang cihuii... ane bersyukur bisa kenal ente broo...

Anonim mengatakan...

Izin copy tulisan mas ...

inspiratif sekali ...

mau saya masukin di review multiply ...