Selasa, 11 Agustus 2009

Penting untuk pemasaran

Jaman sekarang ini tantangan untuk bisnis semakin tinggi karena tingkat kompetisi. akses informasi begitu bebas, sehingga tak heran perusahaan yg berumur ratusan tahun pun bisa bangkrut..

Ga usahlah pake konsultan2 orang bule, toh yg di negeri bule sono juga pada bangkrut tuh bisnis2nya. justru sektor UMKM lah yg sebenernya paling kuat menghalau badai krismon..

begitu pun perusahaan saya, harus banyak kreatip untuk terus bertahan dan berkembang. Berikut ini hal2 yg perlu kita perhatikan untuk pemasaran, karena kita pun seorang marketer.

1. Orang2 sekarang menjadi lebih berbeda.
makanya orang jadul makin susah idup.. pemikiran2 jadul jg udah ga relevan. belajar ekonomi di kampus, ketika lulus udah ga sesuai sama kenyataan. semangat belajar harus tinggi, karena dunia cepat berubah. Anak2 bisa melakukan empat atau lima hal sekaligus, sementara kite yg tua2 cuma bisa 1-2 pekerjaan.

2. Pemasaran tradisional sudah di titik kritis. Ada riset yg menyebut bahwa 54% konsumen di Amerika melarang telemarketing. Tuh! baca nih tulisan yg bener ya! buat para agen asuransi, sales forex/komoditas, jualan MLM... baca bener2 ya... orang udah pada keganggu sama telemarketing. So, jangan mencoreng perusahaan anda, atau bahkan diri anda sendiri, dengan ber-telemarketing kekekekee...

3. Keputusan untuk membeli dilakukan dengan segera. Rata2 keputusan yg diambil untuk memilih merek yg dibeli hanya membutuhkan waktu 2,6 detik..
Gimana ya cara nawarin produk kita klo waktu yg dibutuhkan cuma 2,6 detik?

4. Pasar2 menjadi lebih kompetitif. Intensitas kompetisi meningkat 3 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir

5. Produk2 lebih cepat ditiru dan mudah menjadi ketinggalan jaman. hiks.. salah satunya ya bisnisku ini.. teknologinya berubah cepat, bisa ngos2an klo ngikutin terus hehe. Lifecycle produk berkurang hingga 70% dari umur normal. Orang jadi pada bingung deh, bikin bisnis plan untuk 5 tahun, ga taunya bisnisnya cuma bisa bertahan 1,5tahun aja... hayo lhooo

6. Para konsumen jadi semakin bingung dengan banyaknya pilihan. Rata2 orang dpt menerima 300 pesan setiap harinya.. wah tantangan nih

7. Teknologi ternyata telah menjadi acuan penting untuk konsumen dalam melakukan pembelian. 42% konsumen menggunakan internet sebelum membeli mobil baru

8. Namun percaya atau tidak, 75% konsumen ternyata ujung2nya membeli berdasarkan rekomendasi orang lain juga

9. 60% investasi yg dilakukan pada merek baru memberikan hasil pada tahun mendatang. dan bukan pada tahun ini. catet tuh. Apalagi klo kita ga investasi sama sekali, maka baru memberikan hasil di kehidupan mendatang hahahahahahah

10. Banyak bisnis beroperasi dalam waktu singkat, tapi disisi lain investor2 besar melihat potensi bisnis paling tidak untuk 4 tahun ke depan

11. Fakta yg ada, kebanyakan value bisnis sekarang dilihat dari intangible asset... so, jangan lupa investasi di aset jenis yg satu ini

12. Talenta pemasaran sangat penting dalam kepemimpinan bisnis, 21% dari CEO FTSE adalah pemasar, dan menghasilkan lebih baik daripada yg lain.. Ya klo bisnis kita mau bagus, mau ga mau harus jadi pemasar yg baik..

smoga berguna yaw

Tidak ada komentar: