Rabu, 19 September 2007

Menjaga semangat tempur..


Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hidup menjadi tidak hidup tanpa motivasi. Layaknya mayat hidup atau zombie yang berjalan kesana kemari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia bisa saja kehilangan motivasi. Bahkan nabi sekalipun pernah mengalaminya. Kita mungkin ingat periode kesedihan Rasulullah ketika berturut-turut ditinggal pergi istri dan paman tercinta. Menarik sekali mempelajari bagaimana orang-orang besar menumbuhkan kembali motivasinya. Ingat, orang besar itu bukan orang yang selalu termotivasi, tapi orang yang cepat sekali menemukan motivasinya ketika ia kehilangan.

Apapun profesi kita, ada saatnya mengalami proses kejenuhan. Omzet sedang turun, bosan dengan rutinitas kantor, lembur, dan lain-lain. Dari pengalaman dan beberapa bacaan, setidaknya ada enam hal yang bisa membangkitkan motivasi saya.

1. Merenung, berpikir
Langkah awal, kita harus menyadari bahwa kita sedang tidak termotivasi. Disini kita butuh perenungan mendalam. Cari tempat yang tenang seperti pantai, laut atau pegunungan. Pelajari ayat-ayat yang tersembunyi di alam, pelajari bagaimana semua makhluk bekerja. Zero-mind process kalau kata orang. Syukuri juga posisi kita sekarang, sadari bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung diri kita. Pikirkan bahwa dunia ini tidak serumit yang kita kira, sampai kita sadar bahwa semua ternyata sangat sederhana!

2. Revisualisasi visi
Apa visi hidup kita? misalkan visi kita adalah memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada manusia, visualisasikan visi kita dengan mengunjungi panti asuhan misalnya. Kita dekati anak-anak jalanan, ajak mereka berbicara dari hati ke hati. Dijamin, motivasi kita akan kembali meledak. Kita pun akan sadar, bahwa masih banyak sekali orang yang butuh bantuan, sehingga tidak ada alasan bagi kita saat ini untuk bersantai-santai..

3. Temui orang-orang atau apapun yang mendukung visi
Langkah yang satu ini agak sadis. Coba kita bikin list orang-orang yang kita kenal, dan pisahkan mana-mana orang yang bisa membantu meningkatkan motivasi dan yang bukan. Setidaknya untuk saat ini, saat anda membutuhkan motivasi, hindari pertemuan dengan orang-orang yang suka menjatuhkan motivasi anda, suka meremehkan anda, dan sebagainya.

Sebaliknya, segera bikin jadwal untuk bersilaturahmi dengan orang yang kita anggap sebagai guru. Atau bahkan teman dekat kita, yang sangat tulus mencintai kita, dan hanya menginginkan kebaikan untuk kita serta selalu mendukung langkah-langkah kita tentunya. Contohnya, bagi saya bertemu pak haji alay, pak roni, pak asep, pak hantiar benar-benar dapat meningkatkan motivasi saya


4. Baca dan Belajar
Cari informasi tentang role-model kita. Misalkan profesi kita pengusaha, kita bisa mempelajari bagaimana donald trump misalnya memperoleh kekayaan. Dan ternyata banyak sekali hal-hal yang ia lakukan. Dan kita masih jauh tertinggal darinya. Menyadari bahwa kita masih jauh tertinggal, akan menimbulkan motivasi tersendiri. Hal ini berlaku juga untuk perusahaan. Misalkan perusahaan kita bergerak di bidang konstruksi, kita bisa mempelajari bagaimana perusahaan TOTAL bisa mencapai kedudukannya sekarang. Menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan perusahaan, akan menimbulkan efek motivasi bagi perusahaan secara keseluruhan.

5. Motivasi orang lain!
Yang ini resep paling ampuh. Jika kita butuh motivasi, maka kita cari orang lain yang butuh motivasi dari kita. Sama aja kayak ilmu, semakin kita mengajarkan suatu ilmu ke orang lain, ternyata ilmu itu malah melekat erat di diri kita. So, yuk kita motivasi orang lain sebanyak-banyaknya :)

6. Berdoa
Jangan lupa juga berdoa. Kita luruskan lagi kalau niat kita ikhlas karena Allah. Ingat, masalah motivasi adalah masalah hati. Kita harus minta izin sama yang Menguasai hati kita. So, berdoa atau shalat di tengah malam pasti ngebantu banget...

Selamat menemuka kembali motivasi anda
salam sukses
adzan101.blogspot.com

3 komentar:

mitasuri mengatakan...

buat nambah motivasi mas, kurang satu orang yang harus ditemuin tuh....(gengsi bgt ngakuinnya) :p

Anonim mengatakan...

emang bener kaya gitu boleh dicoba juga........

Anonim mengatakan...

Thx...
Artikel yang bagus nh...